Tren Pernikahan 2021: Semua yang Harus Kamu Tahu

Tren Pernikahan 2021: Semua yang Harus Kamu Tahu
Tahun 2021 sudah di depan mata. Hal yang paling dinanti adalah seperti apa tren pernikahan 2021?

Mulai dari cara pelaksanaan pesta pernikahan, warna pilihan, hingga seperti apa mahar yang akan banyak dipilih di tahun depan.

Sebagai acuan kamu, inilah rangkuman tren pernikahan 2021 yang disusun Rekanan Wedding.

1. Acara pernikahan masih terpengaruh pandemi

Sedikit banyak, pandemi memengaruhi semua aspek, termasuk dalam tata cara pelaksanaan pesta pernikahan.

Ada beberapa hal yang harus dipenuhi jika ingin menikah di masa New Normal."Untuk aturan, tergantung wilayah masing-masing provinsi, memang berbeda-beda," ujar Suprafto, Ketua Umum Himpunan Pengusaha Dokumentasi Indonesia (HIPDI).

Yang jelas masih akan dan harus dilakukan adalah bagaimana membuat pesta pernikahan yang aman dengan menyertakan surat izin yang akan diserahkan ke pihak-pihak terkait, termasuk Gugus Satuan Tugas Covid-19.

Juga, protokol kesehatan yang harus selalu diterapkan. Yaitu, menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, menjaga jarak, dan memilih konsep pernikahan yang lebih private.

2. Intimate wedding atau private wedding jadi pilihan

Mengikuti saran pemerintah untuk menghindari kerumunan, atau membuat kerumunan di satu tempat, maka pernikahan yang intimate jadi pilihan.

Intimate di sini maksudnya hanya didatangi sebagian kecil tamu saja. Tidak banyak seperti pesta pernikahan sebelum pandemi.

"Sekarang, lebih banyak ke intimate wedding biasanya dibagi dua hari atau dua sesi dalam satu hari. Ada juga akad di hari sebelumnya, dan resepsi di hari setelahnya," ujar Desti Windiani dari Tsamara Wedding Organizer.

Desti menyebutkan, tamu maksimal 500 pax dengan syarat harus dibagi jadi dua sesi yang berbeda.

3. Banyak yang memilih venue outdoor

Mengikuti keadaan yang masih pandemi, banyak calon pengantin yang memilih venue outdoor atau semi outdoor.

"Venue incaran dan yang lebih cenderung aman adalah outdoor dan semi outdoor," ujar Alissa Safiera dari Kava Studio.

Jadi, tidak melulu di gedung, namun banyak yang melirik venue serbaguna yang fotogenik. Kemudian, pertimbangan utamanya jadi bukan di fasilitas yang mewah lagi.

Namun menitikberatkan pada keamanan sirkulasi udara selama acara berlangsung.Tak hanya fotogenik, tapi juga harus aman.

4. Dekorasi pilihan yang atraktif

Ucapkan selamat tinggal pada backdrop penuh bunga mawar dengan warna dasar. Kini para pengantin lebih menunjukkan karakternya dalam pemilihan dekorasi.

"Menurutku sih akan lebih atraktif. Kebanyakan klienku memiliki referensi model backdrop yang unik, tidak biasa" lanjut Alissa.

Dalam lingkup umum, dekorasi yang jadi pilihan adalah kebanyakan modern dengan tema rustic atau minimalis.Tak semuanya bunga, namun banyak juga dedaunan yang bisa jadi pusat perhatian.

5. Pakaian pengantin yang sederhana kembali mendominasi

Selaras dengan pilihan intimate wedding yang mendominasi, maka pakaian pun jadi mengikuti. Meski tidak banyak perubahan pada pakaian, namun lebih ke arah penyesuaian.

"Desainnya bisa dibilang ada penyesuaian, dengan konsep wedding intimate, pengantin ingin yang elegan namun tidak berlebihan," ujar desainer Vera Anggraini pemilik Vera Kebaya.

Calon pengantin akan lebih memilih pakaian yang sederhana namun elegan, serta nyaman saat digunakan. Warna earth tone atau pastel juga tetap jadi favorit.

Untuk tradisional, juga banyak yang membuat desain menjadi lebih sederhana namun tetap mengutamakan pakemnya.

6. Nasional atau tradisional? Keduanya!

Banyak dari generasi Millenial dan para Generasi Z yang tengah menyiapkan pernikahan mereka di tahun depan. Kedua generasi ini memiliki cara pandang sendiri tentang pesta pernikahan.

Bisa saja mengadakan pernikahan yang nasional dan tradisional dalam satu waktu yang sama. Seperti contoh, menggunakan pakaian tradisional saat akad, dan mengenakan pakaian nasional saat resepsi.

"Nuansa tradisional tetap ada, namun biasanya fusion dengan modern," ujar Alissa.

7. Make up natural dan semi bold

Beberapa tahun belakangan sudah terbentuk tren seperti ini. Kebanyakan calon pengantin perempuan memilih konsep make up yang natural namun tetap ada kesan bold.

Seperti contoh, menggunakan lipstik yang bold namun tetap tidak terlihat berlebihan karena lainnya cukup natural.

"Untuk make up wedding sekarang trennya natural semi bold, jadi banyak klien yang mau terlihat bold namun tetap flawless," ujar Andien pemilik Andien Puspita Makeup.

8. Fotografer bisa sekaligus menjadi konsultan visual

Semakin banyak jasa fotografer yang bisa dipilih, tentu harus menentukan yang benar-benar berkualitas. Tren di tahun depan tak hanya mementingkan hasil foto yang super indah saja, namun banyak yang menginginkan soul di dalam fotonya.

"Jadi foto preparation, still moment, dan candid yang bermakna sangat diminati," ujar Rizki dari Rekanan Wedding.

Untuk meningkatkan hasil foto, para fotografer juga bisa sekaligus jadi konsultan visual yang bisa dimintai masukan mengenai tata letak dan angle.

"Foto dengan kamera film dan video trailer dengan tema vintage juga sedang diminati," lanjut Rizki.

9. Warna favorit tahun depan: Earthy

Saat make up pilihannya adalah natural, maka akan mengikuti dengan tema warna pernikahan. Di tahun depan, warna favorit mengarah ke warna bumi atau earth tone.

Namun jika berencana menggunakan make up bold dan tone warna foto yang gelap, maka tema warna pun mengikuti jadi bold.

"Warna tetap kembali ke selera masing-masing, bisa soft atau bold," ujar Vera.

Dua pilihan yaitu soft atau bold jadi pilihan besar yang jadi favorit. Jika ingin soft, maka bisa bermain di warna pastel, earthy, dan nude.

Sementara jika bold bisa memilih warna terang namun tetap selaras dengan bumi seperti warna merah tua, hijau tua, atau biru tua.

10. Live video mulai jadi hal yang penting

Dengan terbatasnya tamu yang diundang di intimate wedding, ada solusi yang banyak diminati para calon pengantin yaitu layanan live video.

Cara ini, memungkinkan kamu memberikan link pada tamu yang tidak bisa hadir secara langsung. Saat ini, sudah banyak pilihan paket yang tersedia dan peminatnya pun cukup tinggi.

"Untuk satu bulan, rata-rata 10-20 wedding yang menggunakan jasa live streaming," ujar Ali dari Kamaro_id.

Kalaupun sudah tidak pandemi, cara ini juga bisa menjadi pelengkap cara membagikan kebahagiaan pada teman, keluarga, dan kerabat yang tak bisa datang karena alasan waktu atau lokasi.

11. Seserahan dan mahar lebih elegan

Masih mirip dengan tahun lalu, tren seserahan para calon pengantin banyak mengarah ke tema rustic.

Tidak lagi seserahan heboh yang mengutamakan hiasan berlebihan. Namun lebih ke arah banyak dekorasi bunga dan daun yang senada antar nampan hantaran.

Tutup akrilik tetap jadi favorit karena membuat seserahan lebih elegan dan mewah.

"Sedangkan untuk mahar, trennya banyak yang memilih emas atau LM, selain simple, bisa juga untuk investasi," ujar Laila dari Alusi Hantaran.

Nah, itu dia kira-kira trend wedding untuk tahun 2021 nanti. Sudah terbayang ingin menggelar pesta pernikahan seperti apa?




Inspirasi Pernikahan