Sebelum Memutuskan, Ini 5 Pertimbangan Menikah di Masjid

Sebelum Memutuskan, Ini 5 Pertimbangan Menikah di Masjid
Menikah di masjid memang sering jadi pilihan banyak calon pengantin. Namun tak bisa begitu saja, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan.

Sebagian masjid besar memiliki aula yang bisa disewa oleh umum. Salah satunya adalah untuk acara menikah di masjid. Selain dianggap lebih sakral, seringnya masjid juga menyokong kebutuhan lainnya seperti lokasi strategis dan parkir yang luas.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, menikah di masjid jadi salah satu pilihan menarik karena hanya intimate wedding atau hanya akad saja.

Disusun Rekanan Wedding, berikut 5 pertimbangan jika kamu berencana menikah di masjid.

1. Tentukan waktu yang tepat

Masjid adalah tempat beribadah. Di mana ada 5 waktu solat yang harus jadi pertimbangan kamu. Tak bisa asal menentukan waktu, kamu harus mempertimbangkan jadwal waktu sholat.

Kamu bisa bersama dengan WO merencanakan dengan matang susunan acara nikah agar tidak bentrok dengan waktu sholat. Apalagi jika acara akadnya diadakan di ruang masjid, tentu harus ada waktu untuk mengatur dekorasi dan lainnya.

Jangan sampai acara jadi terburu-buru karena sudah mepet waktunya beribadah, ya!

2. Pakaian yang sesuai

Bagi calon pengantin, pakaian adalah salah satu hal yang penting. Nah, saat memutuskan memilih masjid, tentu ada penyesuaian yang harus dilakukan.

Kamu tak bisa menggunakan pakaian terbuka atau yang dianggap tak sopan karena sedang berada di tempat beribadah. Tak hanya di masjid, peraturan ini juga berlaku di tempat ibadah lainnya.

Jadi, pastikan untuk menyesuaikan pilihan pakaian pengantin kamu jika ingin melangsungkan pernikahan di sana, ya!

3. Musik yang tidak mengganggu

Satu lagi, saat resepsi, pilihan musik juga jadi hal yang tak kalah penting. Namun saat memutuskan menikah di sana, sudah tentu tidak bisa sembarang memasang musik.

Kalaupun ada musik, biasanya yang bertemakan Islami atau sekadar musik latar saja.Selain itu, kamu juga tidak bisa memasangnya terlalu kencang karena bisa dianggap mengganggu.

4. Disiplin dalam membuat jeda

Saat mengadakan acara nikah di masjid, biasanya selalu ada jeda. Baik itu acara siang atau malam.Panitia di bagian musik harus ekstra disiplin dalam mematikan musik dan membuat jeda saat adzan berkumandang.

Juga, berikan waktu untuk persiapan sholat.Kamu bisa juga menambahkan informasi pada para tamu yang ingin sholat. Mulai dari pengumuman waktu sholat, tempat wudhu, dan di mana letak untuk sholat.

5. Pertimbangkan dress code untuk tamu

Kamu bisa saja disiplin dengan pakaian nikah sendiri, namun tak begitu halnya dengan pakaian pilihan para tamu.

Jika berencana menggelar di masjid, pastikan untuk memberi informasi yang jelas pada para tamu. Kamu bisa memasukkan dress code di undangan agar mereka bisa menyesuaikan pakaian saat datang ke acara pesta kamu.

Nah, itulah 5 hal yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin melangsungkan acara pernikahan di masjid.
Inspirasi Pernikahan