Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan, Serta Apa Saja Isinya

Perbedaan Seserahan Lamaran dan Pernikahan, Serta Apa Saja Isinya
Umumnya seserahan dilakukan dua kali yaitu saat lamaran dan pernikahan. Lalu, apa bedanya seserahan saat lamaran dan kala pernikahan?

Seserahan atau hantaran adalah barang-barang yang diberikan dari pihak pria untuk pihak perempuan. Ini adalah budaya yang sudah terbentuk di Indonesia.

Isinya pun bisa beragam, namun ada yang menjadi perbedaan mencolok antara waktu lamaran dan pernikahan.

Disusun Rekanan Wedding, inilah perbedaannya dan apa saja isi untuk seserahan lamaran dan pernikahan.

1. Seserahan lamaran lebih banyak makanan

Tidak ada aturan atau pakem mengenai apa saja yang sebaiknya dijadikan seserahan saat lamaran, namun umumya adalah makanan.

Biasanya, makanan yang dipilih adalah makanan khas daerah calon pengantin. Misal calon pengantin pria berasal dari Bandung, maka makanan yang dibawa adalah yang khas daerah tersebut.

Selain makanan khas, ada juga makanan berat seperti lauk pauk, namun tetap yang khas daerah asal, atau yang jadi ciri khas keluarga tersebut.

Lalu, ada juga buah-buahan yang sudah dibentuk jadi parcel. Meski ada buah-buahan juga di dalam seserahan pernikahan, namun jumlahnya tidak sebanyak seperti saat lamaran.

2. Namun, ada juga yang memberikan barang saat lamaran

Ada sebagian orang yang juga telah memberikan barang saat lamaran. Beberapa contohnya seperti alat kosmetik, tas, sepatu, dan pakaian.Namun ini tidak banyak dilakukan, karena biasanya hantaran barang diberikan saat hari pernikahan.

3. Pihak perempuan juga memberikan hantaran balik

Setelah diberikan hantaran sedemikian banyak dari pihak laki-laki, biasanya pihak perempuan juga mempersiapkan hal yang mirip.

Pihak perempuan umumnya memberikan hantaran balik pada saat keluarga calon pengantin pria akan pulang. Isinya pun mayoritas adalah makanan.

4. Barang yang dijadikan seserahan pernikahan

Ciri khas barang yang diberikan pada hantaran pernikahan adalah yang berhubungan dengan kehidupan pasangan pengantin pasca menikah.

Beberapa di antaranya adalah perlengkapan alat mandi, perlengkapan kosmetik, pakaian dalam, dan sejenisnya.Ada juga tas, sepatu, perhiasan, pakaian, dan kain khas untuk melengkapi hantaran.

5. Jumlah seserahan tergantung kemampuan calon pengantin

Tak ada aturan ketat mengenai jumlah hantaran. Tak ada juga yang mengatakan bahwa semakin banyak hantaran maka akan semakin bagus.

Banyak atau sedikit jumlah hantaran semua tergantung dari kemampuan calon pengantin pria dan balasan dari calon pengantin wanita.

Lagipula, seserahan hanya salah satu pendukung rangkaian pernikahan. Yang paling penting adalah proses pernikahan itu sendiri.Jadi, tak perlu pusing, ya!
Inspirasi Pernikahan