Hemat Budget! 7 Pengeluaran Biaya Resepsi yang bisa Dihapus

Hemat Budget! 7 Pengeluaran Biaya Resepsi yang bisa Dihapus
Siapa bilang menikah harus mengeluarkan uang banyak? Berikut beberapa cara menjaga pengeluaran biaya resepsi agar tidak terlalu boros.

Pada dasarnya, menikah adalah menyatukan dua hati dan keluarga. Tak ada yang lebih khidmat dari itu.Nah, seringnya, selebrasinya sendiri menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya untuk mempersiapkannya. Memang, hal ini tak kalah penting dari acara ijab kabul itu sendiri.

Namun jangan sampai membuat kamu pusing sendiri. Rekanan Wedding punya daftar pengeluaran biaya resepsi yang sebenarnya bisa ditekan atau dihapus sekaligus.

1. Seragam yang terlalu banyak

Begitu banyak daftar yang harus diisi saat menentukan seragam resepsi. Mulai dari keluarga, teman, sahabat, teman kantor, dan lainnya.

Kemudian dihitung-hitung, biayanya bisa sampai berjuta-juta Rupiah. Wah, bagaimana itu?

Jika memang budgetnya tidak sampai, tak perlu memaksakan diri. Cukup berikan kepada mereka yang memang semestinya memakai. Seperti sesepuh keluarga, atau keluarga inti saja.

Bagaimana dengan temanmu? Berikan pengertian bahwa kamu tak punya dana lebih untuk memberikan seragam. Kamu bisa memberikan pilihan warna pakaian yang bisa mereka pakai di hari besarmu itu.

Tak perlu pusing, kan?

2. Pesta lajang sebelum menikah

Biasanya, hal ini sering dilakukan oleh perempuan. Mereka akan rela menyiapkan budget untuk mengadakan bridal shower.

Tak tanggung-tanggung, biasanya diadakan di restoran mewah, venue privat, atau malah kamar hotel dengan dekor ciamik.

Di sana, tak hanya pesta, namun calon pengantin memberikan paket seragam beserta kit lainnya pada para calon bridesmaidnya.

Bayangkan berapa banyak dana yang keluar untuk acara satu ini.Kamu bisa memangkasnya dengan menghilangkan acara ini. Kalaupun ada, kamu bisa mengadakannya dengan lebih sederhana atau setidaknya sesuai dengan budget yang dimiliki.

3. Undangan yang terlalu banyak

Pada dasarnya, yang menikah adalah kamu dan calon pasanganmu. Jika dirasa para tamu terlalu banyak apalagi yang tidak dikenal, jangan ragu untuk mencoretnya dari daftar.

Kamu tak perlu memaksakan mendapatkan dana lebih untuk mengundang orang yang tak terlalu dekat atau malah tak kenal sama sekali

.4. Dekorasi berlebihan

Beberapa dekorasi penting dalam resepsi pernikahan adalah pelaminan, tempat penerimaan tamu, area musik (jika ada), dan meja untuk makanan.

Di luar itu, kamu tak perlu menambahkan jika tidak ada dana tambahan.Pergola bisa digantikan dengan beberapa vas tinggi yang dihias bunga. Kalau tidak ada pun tak apa.

Pohon bunga sakura sering jadi opsi tambahan untuk menambah spot foto. Hal ini boleh-boleh saja jika tak mengganggu biaya resepsi pernikahan. Namun jika mengganggu, tak apa dikeluarkan dari daftar.

5. Hadiah untuk lempar bunga

Saat ini, ada banyak pasangan yang membuat acara lempar bunga atau lempar boneka. Tak sekedar lempar saja, biasanya untuk menarik perhatian, ada hadiah yang disiapkan.

Hadiah pun sangat beragam, mulai dari voucher elektronik, sampai ponsel keluaran teranyar.Hal ini bisa lho dihapus dari daftar kalau kamu memang tak ada dana berlebih.

6. Make up terlalu banyak

Daftar make up paling penting adalah kamu dan para orangtua dari keluarga inti karena akan sama-sama berdiri di pelaminan. Kalaupun ingin tambah, ada keluarga inti yang biasanya masuk dengan paket.

Di luar itu, kamu boleh memberi tahu para panitia, bridesmaid, dan keluarga untuk mencari make up artist sendiri. Sehingga, kamu tak perlu bingung menyiapkan dana make up yang membengkak.

7. Live music

Jika menurutmu musik live bukanlah hal penting yang harus ada di resepsi, maka kamu bisa mencoretnya dari daftar.

Kamu bisa mengganti live musik dengan rekaman yang tak kalah seru. Selain itu, mencoret band musik dari pesta resepsi akan sangat baik bagi kamu yang memiliki venue terbatas.

Sehingga, area tamu jadi lebih luas dengan tidak adanya panggung untuk musik.Itulah beberapa dana yang bisa ditekan saat menyiapkan biaya resepsi. Semoga membantu, ya!
Inspirasi Pernikahan