Berencana Menikah? 9 Daftar Persiapan Pernikahan yang bisa Kamu Buat

Berencana Menikah? 9 Daftar Persiapan Pernikahan yang bisa Kamu Buat
Setelah melewati rasa deg-degan karena diajak serius dengan pasangan, kini saatnya memikirkan yang lebih jauh. Inilah daftar persiapan pernikahan yang sebaiknya kamu buat.

Membuat daftar pernikahan memiliki banyak keuntungan. Kamu bisa mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang harus jadi prioritas.

Pastikan untuk membuat daftar ini bersama pasangan agar segalanya lebih jelas dan bisa segera membagi tugas dengannya. Dirangkum Rekanan Wedding, inilah datar persiapan pernikahan yang sebaiknya segera kamu buat.

1. Menentukan tanggal pernikahan

Setelah melamar, biasanya segera ada pembicaraan mengenai kapan kira-kira pernikahan akan digelar. Sebaiknya memang segera ditentukan karena tanggal berpengaruh pada banyak hal.

Tanyakan pada orangtua kedua belah pihak mengenai tanggal yang akan dipilih. Pastikan masing-masing pihak memang sudah setuju dengan tanggal yang ditentukan.

2. Putuskan tema pernikahan

Saat ini, banyak sekali tema pernikahan yang bisa dipilih. Namun bagaimanapun, ada orangtua yang harus dimintai pendapat.

Kamu boleh saja memiliki daftar tema yang bisa diberikan pada mereka dan ungkapkan alasan kenapa ingin memilih tema tersebut.

Jika meyakinkan, mereka biasanya akan dengan mudah setuju.Tema pernikahan yang sudah ditentukan bisa memudahkan untuk memilih dekor dan pakaian pengantin.

3. Tentukan budget maksimal

Meski pernikahan jadi impian banyak orang, kamu tetap harus berpikir dengan rasional. Agar pengeluaran tidak bobol, segera tentukan budget dari awal persiapan.

Dengan adanya budget, semua jadi bisa ditentukan di awal. Kamu akan cenderung memilih hal dan tempat yang memang sesuai budget.

Jika tidak ada budget yang ditentukan, maka bisa saja pengeluaran bisa dua kali atau malah tiga kali lebih besar dari perkiraan.

4. Seleksi undangan yang akan datang

Tamu undangan juga harus dipertimbangkan dari awal. Dengan begitu, kamu bisa menentukan berapa banyak makanan yang harus disiapkan, di mana venue yang cukup untuk jumlah tamu tersebut.

Di masa pandemi seperti ini, pilihlah yang paling penting bagi kamu dan keluargamu. Lainnya, bisa diberikan link untuk virtual wedding party.

5. Tentukan venue

Biasanya, venue dipilih yang ada di tengah-tengah rumah kamu dan calon pasanganmu. Namun bisa juga di tempat yang sudah disepakati kedua belah pihak.Ingat, tentukan venue yang sesuai dengan budget, ya!

6. Menemukan baju pengantin

Ini juga tak kalah penting. Sebelum mengurusi hal lain, kamu harus menemukan baju pengantin dahulu. Setelah menemukan dan menyewa atau membuatnya, barulah memikirkan yang lain.

Kamu tak bisa pasrah saja jika terjadi hal yang tak diinginkan dengan baju pengantin. Lebih baik menyelesaikan persiapannya lebih dahulu daripada memilihnya dengan buru-buru.

7. Memilih dan segera membeli suvenir

Memesan barang dalam jumlah banyak memang butuh trik. Kamu tak bisa memesannya buru-buru, apalagi jika ada custom gambar atau nama yang harus dibuat.

Oleh karena itu, segera tentukan suvenir yang ingin diberikan, dan buatlah custom sesegera mungkin.Setelah itu, pesan dan pastikan untuk memberi tahu semua detil pesanannya.

Jika menyiapkannya dari jauh hari, kamu masih bisa melengkapinya kalau ada yang kurang.

8. Membuat cincin kawin

Satu lagi yang tak kalah penting adalah membuat cincin pernikahan. Jika cincinnya dibuat butuh setidaknya 1-2 bulan untuk menyelesaikannya dengan baik.

Kamu tak mau kan cincin kawin dibuat dengan seadanya?Maka, segera tentukan motif dan bentuk yang ingin digunakan, bahan apa yang akan dipakai, dan akan membuat di mana.

Masukkan semua pesanan secepatnya sehingga jika ada revisi masih ada waktu.

9. Mengurus dokumen pernikahan

Hal yang satu ini sering dianggap mudah bagi para calon pengantin. Padahal, ada banyak dokumen yang harus disiapkan untuk menyelesaikannya.

Namun jika kamu enggan bolak balik dan menyiapkan semuanya sendiri, bisa juga meminta bantuan dari WO pilihan kamu.

Pihak WO akan menyelesaikan semuanya dengan baik dan tepat waktu. Tak perlu menghabiskan waktu, kan?Itulah beberapa daftar persiapan pernikahan yang bisa kamu selesaikan lebih dahulu. Semoga lancar, ya!
Inspirasi Pernikahan