5 Pertimbangan saat Memutuskan Menikah di Rumah

5 Pertimbangan saat Memutuskan Menikah di Rumah
Banyak alasan pasangan memilih sebuah venue, termasuk rumah. Berikut pertimbangan jika ingin menikah di rumah.

Pertimbangan utama menikah di rumah adalah tidak perlu menyewa tempat. Namun perhatikan lagi, berapa banyak biaya yang akan keluar saat mengadakan pesta di rumah.

Selain itu, faktor lain seperti lokasi rumah, luasnya, hingga kenyamanan sekitar juga harus dipikirkan dengan baik. Jadi, Rekanan Wedding akan mengajak kamu untuk membayangkan kira-kira apa saja yang harus dipertimbangkan jika memilih menikah di rumah.

1. Venue yang terbatas

Saat memutuskan menikah di rumah berarti harus mengatur venue sedemikian rupa. Tidak semua rumah punya ruang terbuka yang cukup luas. Juga, tak semua rumah bisa cukup menampung banyak orang.

Seringnya, jalan umum terpaksa ditutup untuk menampung para tamu. Dengan begini, kamu harus mengatur dengan baik jumlah tamu yang akan datang.

Jika tidak, akan terlalu sumpek dan membuat semua orang jadi tidak nyaman.

2. Biaya yang akan keluar

Memang, saat memutuskan menikah di rumah, berarti tidak perlu mengeluarkan dana untuk sewa venue. Eits, jangan senang dulu.

Ada dana tambahan saat mengadakan di rumah. Beberapa di antaranya adalah biaya tambahan listrik, genset, orang yang membantu, uang kebersihan, keamanan, dan lainnya.

Jadi, meski melaksanakan pesta di rumah, kamu harus tetap menyiapkan dana untuk venue. Jika tidak, kamu akan bingung jika dimintai dana tersebut di hari H.

3. Area parkir di sekitar rumah

Salah satu kekurangan lainnya saat mengadakan pesta di rumah adalah kapasitas parkir bagi para tamu. Tidak semua rumah bisa menyediakan area parkir yang nyaman dan luas bagi para tamunya.

Dibutuhkan ijin pada pengurus perumahan dan pihak keamanan setempat agar para penghuni lain tidak terganggu dengan banyaknya kendaraan tamu.

Jika ada area luas untuk parkir dekat rumah, maka ini bisa jadi nilai plus. Sedangkan jika tidak ada, kamu harus bekerja sama dengan pengurus komplek untuk mengatur arus dan tempat parkirnya.

4. Kenyamanan tetangga

Resepsi identik dengan musik yang besar. Ini juga harus diperhatikan dengan baik. Lihat lagi apakah ada keluarga yang memiliki anak bayi atau manula di sekitar rumah.

Apakah mereka akan terganggu dengan musik yang dinyalakan selama pesta resepsi. Jika iya, jangan sungkan untuk meminta ijin beberapa hari sebelumnya agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan.

Selain itu, pertimbangkan durasi pesta, apakah akan mengganggu orang sekitar jika mengadakan seharian.

5. Cara membersihkan rumah setelah acara

Jika mengadakan pesta di gedung, kamu tak perlu memikirkan proses bersih-bersih setelah acara. Namun jika di rumah, ini jadi masalah bersama.Ada banyak area rumah yang harus dibersihkan. Ada baiknya kamu menyiapkan tim untuk beres-beres setelah acara, baik di dalam rumah, atau di sekitar luar rumah.

Dengan begitu, kamu tak perlu pusing melihat rumah yang belum rapi padahal sudah lelah seharian menjadi pengantin.Itulah beberapa pertimbangan untuk kamu yang ingin menikah di rumah.
Inspirasi Pernikahan