5 Hal yang Sebaiknya Dibahas Bersama Sebelum Menikah

5 Hal yang Sebaiknya Dibahas Bersama Sebelum Menikah
Menikah adalah menambatkan hati seumur hidup pada pasangan jiwa. Sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang sebaiknya dibahas bersama sebelum menikah.

Saat menyiapkan pernikahan, bukan hanya untuk resepsi saja. Lebih jauh, pertimbangkan hal penting lainnya.

Disusun Rekanan Wedding, inilah beberapa hal yang sebaiknya dibahas bersama sebelum menikah. Sehingga tidak timbul kesalahpahaman.

1. Kondisi keuangan masing-masing

Hal paling penting yang bisa dibicarakan pertama adalah seperti apa kondisi keuangan kamu dan pasangan. Bukan hanya tentang gaji, tapi juga yang lainnya.

Seperti, apakah ada hutang yang masih harus dilunasi. Atau, berapa persen gaji bulanan yang harus disisihkan untuk membantu keluarga.

Setelah mengungkapkan hal ini, kamu dan pasangan bisa sama-sama menyusun rencana keuangan bersama. Membicarakannya di depan juga bisa membuat kamu dan pasangan bersiap dan tidak kaget setelah menikah.

2. Tempat tinggal

Satu lagi yang tak kalah penting dibicarakan sebelum menikah adalah di mana akan tinggal. Ada orang yang tak masalah tinggal di rumah mertua, ada yang masalah.

Ada juga yang tak mau mengontrak, dan memilih langsung mencicil rumah.

Di sesi ini, kamu bisa menyatukan pikiran dan mengemukakan pendapat masing-masing.Jangan sampai kaget setelah menikah dan tak bisa mengubahnya lagi.

3. Perihal setelah memiliki anak

Saat menikah, sudah pasti ada kemungkinan mendapat anak. Hal ini harus dibicarakan baik-baik. Apakah sang ibu akan menjaga anak sepenuhnya, atau tetap bekerja dan mendelegasikan tugas mengurus anak pada orang lain.

Begitu juga apakah suami rela menjadi bapak rumah tangga dan mengurus anak sambil bekerja dari rumah.

Hal-hal seperti ini sangat penting dibicarakan dari sebelum menikah. Dengan begitu, kemungkinan kamu bertengkar perihal pekerjaan dan karir setelah punya anak pun bisa terhindarkan.

4. Hal yang bisa dan tidak bisa ditolerir

Setiap orang punya batasannya masing-masing. Kamu bisa mulai membicarakannya bersama pasanganmu.

Apakah kamu bisa mentolerir perselingkuhan, kebohongan, dan lainnya. Meski terasa menakutkan dan terlalu negatif, namun hal ini perlu untuk dibicarakan.

Dengan begitu, pasangan bisa berpikir dua kali saat ingin melakukan sesuatu yang tak semestinya.

5. Cara menyelesaikan masalah

Yang satu ini bisa dibahas setelah bertengkar. Sebagai pasangan yang tengah menyiapkan pernikahan, sudah tentu banyak tekanan dan hal yang membuat stres.

Tak jarang, akhirnya pertengkaran pun pecah.

Setelah selesai bertengkar, ada hal yang sebaiknya dibicarakan. Seperti apa marah yang jadi batasan, bahasa apa yang digunakan, serta setinggi apa suara yang akan dikeluarkan.

Begitu juga, seperti apa penyelesaian setelah bertengkar. Akankah membahasnya sampai tuntas atau tidak?Hal ini akan menentukan seperti apa kesehatan hubungan kalian.

Meski terasa berat, jangan lewatkan untuk membahas hal-hal di atas, ya!
Inspirasi Pernikahan